PENGARUH KONSUMEN DAN PENYEBARAN INOVASI

PENGARUH KONSUMEN DAN PENYEBARAN INOVASI

Rogers (1983) mengemukakan lima karakteristik inovasi meliputi

  1. Keunggulan relative
  2. Kompatibilitas
  3. Kerumitan
  4. Kemampuan diuji cobakan
  5. Kemamouan diamati

 

Secara umum inovasi didefinisikan sebagai suatu ide, praktek atau objek yang dianggap sebagai sesuatu yang baru oleh seorang individu atau satu unit adopsi lain.

Pendefiinisian mengenai arti sebuah “inovasi produk” atau sebuah produk baru bukan merupakan tugas yang mudah, bermacam macam pendekatan yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah produk baru.

Tiga tipe inovasi produk:

  1. Berkesinambungan
  2. Berkesinambungan secara dinamis
  3. Tidak berkelanjutan

 

PENGARUH KONSUMEN DAN PENYEBARAN INOVASI
OPINION LEADERSHIP
Opinion leadership atau komunikasi wom adalah proses dimana seorang pemimpin opini secara informal mempengaruhi tindakan atau sikap orang lain, mungkin pencari opini atau penerima opini. Karakteristik kunci yang mempengaruhi itu adalah antar pribadi dan informal yang mengambil tempat diantara dua orang atau lebih, bukan orang yang mewakili sebuah sumber penjualan komersial yang akan menguntungkan secara langsung dari penjualan sesuatu.seorang yang mempunyai banyak pengetahuan tentang produk dan memberikan nasehatnya dikenal sebagai opinion leader yaitu seorang yang sering bisa mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain.
Word of mouth (WOM) adalah informasi tentang produk yang dikirimkan oleh individu ke individu lainnya.
DINAMIKA PROSES KEPEMIMPINAN OPINI
Proses kepemimpinan opini merupakan suatu yang sangat dinamis dan menjadi kekuatan bagi konsumen. Beberapa alasan keefektifan kepemimpinan opini, adalah:
1. Kredibilitas
2. Informasi produk yang positif dan negatif
3. Informasi dan nasehat
4. Kepemimpinan opini adalah kategori spesifik
5. Kepemimpinan opini merupakan jalan dua arah
Pada pengukuran kepemimpinan opini para peneliti telah menetapkan sebuah pilihan dari empat teknik dasar, yaitu:
1. Metode penunjukan diri
2. Metode sosiometrik
3. Metode informan kunci
4. Metode objektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s